Resume Film Patch Adams



Tugas Terstruktur
Mata Kuliah Komunikasi Informasi dan Edukasi Kesehatan
Resume Film Patch Adams




Disusun Oleh :
Nama          : Syifa Waras Utami
NIM            : G1B014068
Kelas           : A




KEMENTERIAN RISET TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI
UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN
FAKULTAS ILMU – ILMU KESEHATAN
JURUSAN KESEHATAN MASYARAKAT
PURWOKERTO
2015


PENDAHULUAN

Patch Adams adalah sebuah film yang diangkat berdasarkan kisah nyata tentang Dr. Hunter “Patch” Adams yang terkenal dengan metode penyembuhannya yang tidak lazim dan melawan pakem tradisional kedokteran. Film ini dimulai pada saat Hunter mengalami depresi berat, namun secara sukarela masuk ke rumah sakit jiwa lantaran ingin sembuh. Dia masuk ke Rumah Sakit Jiwa Virginia, tepatnya di Rumah Sakit Fairfax.
Saat di rumah sakit, Hunter dikenalkan dengan pasien pria tua yang mengalami sindrom kejeniusan, nama pria tua itu adalah Arthur Mendelson. Pada malam itu, Arthur mengajarkan Adams tentang bagimana berpikir agar dapat melihat sesuatu hal yang orang lain tak melihatnya. Pada malam berikutnya, Hunter membantu Rudy  yang trauma dan takut terhadap hewan kecil. Saat itu, Rudy ketakutan  karena merasa ada tupai didekatnya padahal tidak ada, lalu Hunter memberikan sugesti peperangan melawan Tupai sehingga bangkitlah  keberanian Rudy. Dari kejadian itu, Patch sadar bahwa pengobatan secara medis saja tidak cukup untuk menyembuhkan sang pasien, tapi perlu ada pendekatan secara psikologi sehingga pasien bisa memperoleh kenyamanan, meningkatkan kualitas hidupnya dan tetap berani menjalani hari esok.
Pasca keluar dari rumah sakit, Hunter langsung mendaftarkan diri di salah satu universitas kedokteran, yaitu Virginia Medical University. Dia memakai nama Patch Adams (nama julukan dari rekan-rekannya di Rumah Sakit Jiwa), bukan lagi Hunter Adams. Patch dalam bahasa inggris artinya adalah tambalan. Hal ini disebabkan saat Hunter sedang mengunjungi Arthur, ia menambal sebuah gelas milik Arthur yang bocor. Selain itu makna lain dari kata Patch adalah Hunter ingin membantu menyelesaikan masalah yang dialami oleh orang-orang.
Patch melihat metode pengobatan yang diajarkan sangat kaku karena hanya melihat sisi badaniah dan mengabaikan sisi rohaniah. Pada tingkat satu, mahasiswa dilarang untuk berhubungan langsung dengan pasien, tetapi Patch selalu menyempatkan datang ke rumah sakit untuk melihat keadaan pasien-pasien yang berada dirumah sakit tersebut. Upaya yang dilakukan Patch dimulai dengan masuk ke kamar pasien anak-anak dengan penyakit kanker. Patch kemudian mulai bertingkah seperti badut. Semua anak yang tadinya hanya berbaring dan lemas kini gembira bahkan hingga tertawa terpingkal-pingkal melihat tingkah Patch.
Dr. Walcott menentang keras aksi pendekatan kepada pasien yang dilakukan Patch. Menurutnya, dokter tidak bisa berada satu level dengan pasien dan Patch tidak bisa terus mengembangkan teori kemanusiaannya tersebut karena tidak sesuai dengan apa yang seharusnya dilakukan dokter selama ini. Patch tidak peduli kecaman dari dr. Walcott, hingga akhirnya Patch  diberi sanksi agar tidak datang ke rumah sakit karena telah mengganggu pasien dan membuat onar di rumah sakit. Perjuangan Patch tidak berhenti disitu saja, dia mulai mencari dukungan dari rekannya dan mencari cara agar terus berinteraksidengan pasien-pasien di rumah sakit
Kemudian pada suatu malam, Patch serta rekannya (Truman Schiff dan Carin Fisher) menuju ruangan pasien bernama Jackie. Jackie adalah pasien berusia lanjut yang memiliki hobi safari. Patch mencoba memberikan kondisi peperangan dengan balon dan senjata mainan agar pasien mengingat kembali tentang safari yang pernah dilakukan sehingga dapat mengurangi beban kesakitannya.
Pada hari berikutnya, Patch mencoba masuk ke ruang seorang pasien laki-laki penderita kanker pancreas bernama Bill. Sebelumnya, tidak ada satu orang pun di rumah sakit yang dapat berbicara dengan Bill karena sifatnya kasar. Patch mencoba memberikan hiburan, tetapi si pasien sangat marah dan sangat merasa terganggu. Keesokan harinya, Patch mencoba masuk kembali ke kamar Bill dengan memakai baju peri dan menghibur, hingga akhirnya Bill dapat tertawa. Berkat komunikasi yang baik, akhirnya terjalin hubungan yang sangat dekat antara Bill dan Patch.
Pada suatu malam, Patch melihat suatu kejanggalan pelayanan administrasi kesehatan di rumah sakit, yaitu seorang wanita yang tidak bisa melihat keadaan anaknya karena ia tidak bisa mengisi formulir. Lalu ia bertekad untuk membuat rumah sakit gratis yang menggunakan humor sebagai pengobatan utama serta dokter dan pasien bekerja bersama-sama.
Tekad Patch terwujud berkat bantuan Arthur. Dengan bantuan tersebut, Patch membuka tempat pengobatan gratis serta mengorganisir teman-teman kuliahnya untuk bergabung secara sukarela memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat. Aksi mereka pun diketahui dr. Walcott, akhirnya dia dituduh melanggar perataran kampus karena membuka tempat praktek tanpa izin. Ulah tersebut mengakibatkan Patch diajukan ke dewan kehormatan kedokteran sampai ke sebuah persidangan. Untuk dapat bertahan dan dapat melanjutkan universitasnya, dia pun mengambil arsip hasil belajarnya untuk dapat dijadikan bahan pertimbangan di sidang. Dalam sidang tersebut, Patch memberikan penjelasan secara rasional dan sangat ilmiah sehingga dewan senator kampus tidak menemukan alasan pengeluarannya. Akhirnya Patch tidak jadi dikeluarkan dari kampus.
Tiga tahun kemudian, dia berhasil meraih gelar dokter dan membuka praktik yang dijalani bersama rekan-rekannya selama 12 tahun dan merawat lebih dari 15.000 pasien tanpa pembayaran dengan asuransi malapraktik dan fasilitas normal. Dia membeli tanah seluas 42,5 hektar di Virginia Barat dan membangun Rumah Sakit Gensundheit . Sekarang lebih dari 1000 dokter mendaftarkan diri dengan meninbggalkan praktek mereka dan bergabung dengan Patch.



PEMBAHASAN


Komunikasi merupakan suatu hal yang memfasilitasi kesembuhan pasien dimana dengan adanya komunikasi pasien dengan petugas kesehatan, pasien akan merasa dihargai sehingga menumbuhkan semangat hidup pasien untuk sembuh dari sakit yang dideritanya. Komunikasi merupakan seni menyampaikan ide, pengetahuan, sikap dengan berbagai metode sehingga pesan yang disampaikan diterima oleh komunikan. Dalam film ini Patch selalu bersikeras untuk bertatap muka dengan pasien dan melakukan hal-hal yang dapat membuat pasien merasa nyaman, seperti menjadi badut, peri, tentara perang, dan sebagainya. Dalam berkomunikasi perlu adanya “Frame of Reference” yaitu persamaan persepsi agar terjadi komunikasi yang baik sehingga menghasilkan feedback yang baik sehingga proses komunikasi dapat dimengerti dan sesuai dengan yang diharapkan. Seperti ketika Patch mencoba menyamakan persepsi dengan Rudy pasien rumah sakit jiwa yang memiliki trauma dengan tupai. Untuk menyembuhkan trauma yang dialami Rudy, Patch menyamakan persepsi bahwa seolah-olah Ia melihat tupai juga dan berakting seolah-olah membunuh tupai.
Komunikasi kesehatan didefinisikan sebagai semua jenis komunikasi manusia yang isinya pesannya berkaitan dengan kesehatan.  Dalam film ini, dokter sebagai komunikator dan pasien adalah sebagai komunikan. Komunikasi kesehatan antara dokter dan pasien yang dulu menganut pola paternalistik dengan dokter pada posisi yang lebih dominan sudah saatnya diubah menjadi setara antara dokter dan pasien. Sebagai tenaga kesehatan, misalnya dokter, diperlukan adanya komunikasi yang efektif antara dokter  dengan pasien agar terjalin komunikasi yang baik sehingga  dokter dapat memahami pasien lebih mendalam dan lebih mudah untuk menentukan dengan cara yang bagaimana untuk memulihkan pasien karena setiap pasien memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.
Film Patch Adams juga menerapkan komunikasi dalam pendekatan dengan pasien, yaitu komunikasi verbal dan komunikasi non-verbal.
1.             Komunikasi verbal, yaitu komunikasi yang menggunakan lambang atau symbol bahasa. Dalam film, komunikasi verbal dipraktikan Patch dengan menyapa pasien, berkomunikasi akrab dengan pasien, dan mendengarkan kebutuhan pasien.
2.            Komunikasi non verbal, yaitu komunikasi yang menggunakan pesan-pesan untuk melukiskan peristiwa di luar kata-kata terucap, misalnya dengan mimik muka dan gesture tubuh. Secara khusus, ekspresi non-verbal menjadi elemen paling penting dalam membangun dan memelihara hubungan dokter dan pasien yang baik.  Dalam film, komunikasi non verbal dipraktikan Patch dengan selalu tersenyum kepada pasien, bertingkah dengan gesture seperti badut, dan sebagainya.
Menurut Cultip, dalam komunikasi terdapat 7 metode peningkatan intensitas penerimaan pesan atau “7C”, yaitu: Credibility, Context, Content, Clarity, Continuity, Consitency dan Capability.
1.             Credibility
Maksudnya adalah komunikator yang bersifar kredibel, terdiri dari beberapa unsur yaitu:
a.       Good Intention, yang berarti komunikator harus memiliki itikad baik ketika berkomunikasi. Dalam film, Patch benar-benar memiliki itikad baik untuk menolong pasien. Patch memahami kondisi psikis pasien, sehingga dapat membuat pasien tertawa dan meringankan rasa sakit mereka.
b.      Trust Worthiness, berarti kelayakan untuk dipercaya. Petugas kesehatan dalam menyampaikan pesan kesehatan harus meyakinkan. Dalam film, Patch yang menjelaskan manfaat tertawa kepada dosen Walcott sehingga pasien percaya terhadapnya.
c.       Competence or Expertness, berarti keahlian. Pesan yang disampaikan harus sesuai dengan keahlian ataupun orang yang menyampaikan pesan harus seorang yang ahli di bidangnya. Dalam film, Patch adalah mahasiswa kedokteran yang pintar sehingga pasien dapat menerima pesan yang dia sampaikan.
d.      Personality, berarti kepribadian. Petugas kesehatan harus memiliki kepribadian yang baik, bersikap sesuai etika tenaga kesehatan agar pasien pun dengan senang hati menerima pesan yang disampaikan.
e.       Character,  berarti watak. Petugas kesehatan harus memiliki watak yang baik, seperti kejujuran. Dalam film, Patch selalu jujur dalam menyampaikan informasi, tidak dibuat-buat ataupun mengada-ada. Seperti pada adegan Patch berjanji mewujudkan fantasi nenek yang ingin mandi di kolam mie, Patch berkata jujur dengan menepati janjinya.
f.        Dynamic, berarti kondisi dinamika yang tinggi. Petugas kesehatan yang telah memiliki jam terbang tinggi dalam hal menolong pasien, maka akan lebih dipercaya. Patch sejak di rumah sakit jiwa telah mengobati teman-temannya. Dia juga berhasil  meringankan rasa sakit pasien penyakit kanker baik dari anak-anak, dewasa hingga lansia. Setiap hari berkomunikasi secara intens dengan pasien sehingga pasien dapat menerima pesan yang disampaikan.
2.             Context
Merupakan kesesuaian pesan dengan kenyataan masyarakat.  Dalam film, Patch berpendapat bahwa humor adalah hal yang sesuai untuk meringankan rasa sakit pasien. Hal tersebut dia buktikan dengan berperan sebagai badut untuk menghibur pasien anak-anak penderita kanker yang selalu berkutat dengan mesin terapi dan merasakan penderitaan.
3.             Content
Yaitu penggunaan kata sesuai audience. Ketika patch melakukan komunikasi terhadap pasien-pasien dirumah sakit, patch menyesuaikan dengan keadaan pasien. Patch berdandan seperti badut ketika melakukan komunikasi dengan pasien anak-anak. Selain itu, Patch memberikan komunikasi terhadap jackie, pasien usian lanjut yang gemar bersafari, yaitu dengan mensimulasikan ruangan pasien seperti tempat safari beserta senjata mainannya sehingga lebih menarik dan lebih mudah ditangkap oleh komunikan atau pasien.
4.             Clarity 
Merupakan perumusan yang disampaikan jelas, terperinci dan tidak membingungkan. Terlihat dalam adegan Patch menjelaskan dalam persidangan bahwa tertawa dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang. Alasan yang disampaikan tentang manfaat tertawa bagi kesehatan jelas, rinci dan tidak membingungkan.
5.             Continuity 
Merupakan pesan yang diulang-ulang tetapi bervariasi dalam penyampainnya. Continuity ditunjukkan saat Patch tidak bosan untuk menyadarkan dokter, dekan, serta profesor di sekolahnya untuk segera mengubah metode yang terkesan kaku dengan cara terus menerus mengunjungi pasien.
6.             Consitency 
Yaitu pesan tidak bertentangan dari awal sampai akhir. Dari awal hingga akhir cerita, Patch selalu mengatakan bahwa penyembuhan dapat dicapai dengan peningkatan kualitas hidup bukan dengan memperpanjang hidup. Patch tidak menyerah untuk menjalankan misinya walaupun banyak rintangan. 
7.             Capability
Artinya komunikator mampu menjelaskan dengan jelas dan akurat.
a.              Pesan dirancang untuk menarik perhatian. Hal tersebut dilakukan Patch yang menjadi badut agar menarik perhatian anak penderita kanker sehingga lupa akan sakitnya.
b.             Menggunakan simbol-simbol yang sesuai dengan komunikan, seperti simbol Patch tersenyum dengan pasien sebagai tanda keakraban.
c.              Memberikan motivasi dan solusi. Dalam film, Patch memotivasi kakek dan nenek yang sedang sakit parah dengan mewujudkan imajinasinya agar merasa dianggap dan dibutuhkan sehingga bisa teratur menjalani pengobatan. Patch juga memberikan solusi agar tercapai kesembuhan adalah peningkatan kualitas hidup bukan mempertahankan hidup.
d.             Adanya perimpitan kepentingan. Menurut Patch tertawa dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang. Patch menerapkan metode humor dalam pengobatan untuk membuat pasien merasa gembira sehingga mereka bisa tertawa dan tidak merasa sakit.




KESIMPULAN

1.             Film Patch Adams memberikan pelajaran yang sangat berharga dan memberikan makna dalam bidang komunikasi kesehatan. Metode pengobatan pasien hendaknya tidak hanya melihat sisi badaniah saja, melainkan harus memperhatikan juga sisi rohaniahnya.
2.             Sebagai tenaga kesehatan, diperlukan adanya komunikasi komunikasi verbal dan non verbal agar komunikasi dapat efektif  sehingga penyampaian pesan dapat diterima oleh pasien.
3.             Dalam komunikasi, hendaknya menggunakan metode “7C”. Metode “7C” meliputi credibility, content, context, clarity, continuity, consistency dancapability. Metode tersebut perlu dilakukan petugas kesehatan ketika berkomunikasi dengan pasien dalam rangka peningkatan intensitas penerimaan pesan oleh pasien.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 comments:

Post a Comment